Tuesday, December 13, 2011

Menyesuaikan Lebar Blog


Saya sebagai blogger pemula, sempat mengalami kesulitan untuk menyesuaikan (mengatur) lebar blog agar sesuai dengan dengan yang kita inginkan. Mungkin banyak di antara blogger-blogger lain yang tidak mengetahui bahwa lebar template blog mereka juga dapat disesuaikan dengan selera sendiri. Sebenarnya untuk merubah lebar dari blog sangat mudah, khususnya bagi para blogger yang sudah sedikit paham tentang design template dengan edit html.

Tapi bagi blogger yang belum pernah mendalami jangan berkecil hati,,,,, ok langsung aja,,,,, pada umumnya default template pada sebagaian besar blog lebar maksimumnya kemungkinan hanya 660 px. Biasanya 410 px digunakan untuk main body text dari blog anda (tempat anda menulis artikel dsb.), 220 px digunakan sebagai sidebar untuk menaruh iklan ataupun widget kesukaan anda, dan 10 px sisanya digunakan untuk memisahkan main body dengan sidebar (di sebut juga dengan padding). Jika anda merubah lebar kolom atau template blog, maka anda hanya tinggal merubah ukuran lebar width)dengan merubah angka-angka yang sudah ada umumnya memiliki satuan pixel(px) di atas, maka lebar blog anda akan berubah.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu, kemungkinan ada pengunjung blog anda yang masih menggunakan monitor dengan resolusi yang berbeda dengan komputer anda kususnya pengunjung yang menggunakan komputer dengan resulusi layar monitor 800 x 600 karena beberapa warnet masih menggunakan resulusi tersebut. jika anda mengganti lebar blog anda menjadi 1024 px misalkan, maka blog anda akan melebar ke samping kanan saat dilihat dengan monitor yang beresolusi 800 x 600, hal ini mungkin dapat menggangu kenyamanan pengunjung blog yang anda miliki.

Untuk blog saya ini,menggunakan lebar maximum sebesar 1020 px. Dengan alokasi masing-masing untuk sidebar-lef sebesar 178px, untuk sidebar-wrapper lebarnya 280px, dan untuk lebar kolom posting sebesar 520px, dan sisanya saya gunakan untuk lebar padding 10 px.

Lantas bagai mana caranya merubah angka-angka pixel tersebut agar blog anda memiliki lebar sesuai keinginan sendiri? Berikut step-stepnya:

1) Masuk ke accoun blog anda, pilih menu Design -> Klik edit HTML pada kolom page element.

2) Tekan tombol (Ctrl+F) pada keyboard kemudian ketikkan "Outer-Wrapper" -> klick Next disebelah kotak input Find, dibawahnya anda dapat melihat lebar (width) dengan angka px disebelahnya, angka ini menentukan lebar maximum dari template default blog.

3) untuk blog saya, ukuran lebarnya sebesar 1020 px(Ini menunjukkan lebar maksimum blog)

4) Ganti "main wrapper" menjadi 540px (Ini lebar untuk kolom tempat tulisan anda akan muncul). Untuk "sidebar-left" lebarnya 178px, "sidebar-wrapper" lebarnya 280 px, "/*--post--- */" lebarnya 520px (ruang yang dapat diisi text pada "main wrapper" /kolom posting sehingga hasil text menjadi rapi)dan padding bisa anda sesuaikan dengan selera untuk blog ini sebesar 10 px.

5) Done, klik Save Template . Maka anda akan melihat lebar blog anda akan mengalami perubahan.


Jika anda ingin pemakulan penyesuaian lagi anda dapat melakukan langkah langkah diatas sehingga anda dapat memperoleh blog yang memiliki lebar sesuai dengan selera kita sendiri, karena tulisan ini hanya digunakan sebagai contoh saja.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi blogger pemula yang ingin mengeplorasi blognya untuk menjadi lebih nyaman.

0 comments:

Post a Comment